Sabtu, 15 Oktober 2011

SMTPI Anak dan Remaja Itawaka


SMTPI Itawaka_Jenjang Anak Kecil (AK)

Sejarah Pekabaran Injil dan pelayanan dilakukan sebagai tolak ukur kehadiran dan pekerjaan Tuhan melalui Injil kebenaran Allah.  Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPI) adalah wadah pendidikan formal gerejawi yang berkualitas dalam membina anak dan remaja menjadi anak yang beriman, berkeperibadian luhur, dan kreatif dalam hidup bergereja dan bermasyarakat. Ini adalah kata kren yang terdengar sekarang, karena kalau mengingat dulu-dulu mungkin orang hanya menyebutkannya sebagai ‘’Sondag School, atau Hari Ahad’’

Melihat garis lurus kapan Sekolah Minggu Tunas Pekabarabn Injil Itawaka itu ada, mungkin kita akan melihat Sejarah Terbentuknya Jemaat Itawaka dan sangat di yakini awal cikal bakal Sekolah Minggu Itawaka (5 Februari 1855) dimana Pdt R. Bassert dan Guru Midras P. Latupeirissa adalah tokoh dalam pembentukan itu sendiri, mengingat merekalah Pendeta pertama dan Guru Jemaat yang pertama di Itawaka, dan seiring waktu berjalan kita akan mengingat (Wate Om. Papilaya, Nene Tia. Leatemia, Mama Anyang Matulessy, Mama Inya. Papilaya dll pengasug yang merupakan tulang punggung tugas dan Pelayanan SMTPI Anak dan Remaja Itawaka).




Dalam tugas dan pelayanan dalam membina anak-anak dan remaja, sangat dirasakan pula tantangan baik dari pribadi anak, orang tua maupun lingkungan. Namun inilah panggilan untuk melayani domba-domba yang dipercayakan Tuhan dalam  tugas dan pelayanan. Gereja menjalankan tugas dan amanat dari Tuhan, namun mengapa masih bayak yang kurang peka terhadap TRI PANGGILAN GEREJA (Bersaksi, Bersekutu dan Melayani).

Sekolah Minggu dan Gereja merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan, kerena melalui sekolah minggu anak-anak dan remaja dibina dan diajarkan tentang Pengenalan Iman kepada Tuhan Jesus Juru Selamatnya. Dalam perkembangan pelayanannya sering ada pembatasan yang tanpa disadari, masih banyak jemaat dan pelayan yang memfokuskan diri untuk pelayanan orang dewasa dari pada mementingkan pelayanan anak dan Sekolah Minggu.

Suasana Perpisan Bersama_Pdt. John Paais.
Anak Ibarat selembar kertas putih, apa yang digoreskan disana, baik itu berupa tulisan atau sebuah gambar, maka itulah yang akan melekat disana, sekalipun tulisan atau sebuah gambar, maka itulah yang akan melekat disana, sekalipun tulisan atau gambar tersebut dapat dihapus, tetapi akan tetap meninggalkan bekas. Sebab itu orang tua juga sangat memperhatikan pertumbuhan anaknya, pertumbuhan itu meliputi jasmani dan rohani yang dapat dibina bersama dengan Pengasuh/ Guru Sekolah Minggu.


Selama 156 tahun sudah Sekolah Minggu Anak dan Remaja Itawaka slalu ada dalam pemberitaan kabar sukacita tentang Jesus Kristus Sang Juru Selamat Umat manusia. 156 tahun bukan hal yang gampang dalam pelayanan, karena pasti banyak tantangan yang dihadapi. Namun tantangan inilah yang membuat SMTPI Anak dan Remaja Itawaka dapat melewatinya dan tetap ada sampai saat ini. Sebut saja SMTPI Anak dan Remaja ada mulai dari Pdt. Bassert dan Guru Midras P. Latupeirissa, Pdt. De Lima Pdt Kayadoe, Pdt Latumahina, Pdt F. Lakburlawar, Pdt P. Tizen, Pdt Nahuwae, Pdt. P. Leperteri, Pdt. Manuhutu, Pdt. Jakob. Ayal, Pdt. Mayaut, Pdt. A. J. Timisela, Pdt. Jhon. Paais, sampai saat Ini Pdt. Y. Souisa.

Tiap penghentar jemaat mempunyai jalan salib yang berbeda-beda dan itu pun dirasakan SMTPI Anak dan Remaja Itawaka dalam tugas dan pelayanannya, sebut saja ketika pelepasan SMTPI Anak dan Remaja dengan Pdt. John Paais, STh dalam mengkahiri tugas dan pelayanannya selama Lima Tahun, Tujuh Bulan, Empat Belas Hari yang tepatnya berakhir pada tanggal 9 Oktober 2011, di lapangan Karmen kompleks SD Negeri I,II Itawaka disitulah ada sukacita yang sangat dirasakan SMTPI Anak dan Remaja Itawaka.

SMTPI Itawaka_Jenjang Anak Kecil (AK) Tunas di Jembatan

Selamat Melayani……………..
Kerja Buat Tuhan…..Selalu Manise….Biar Sondor Gaji…..Selalu Manise……
AYO KERJA BUAT TUHAN JESUS….SUNGGUH SENANG…eee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar