Selasa, 09 November 2010

Aer Potang Potang


  AER POTANG POTANG TEMPOE DOLOE

Pada Jaman dahulu sebelum masuknya Penjajah (Belanda), di Pulau Saparua memiliki satu Kerajaan yaitu kerajaan IHA.....itu berarti seluruh negeri yang berada khususnya di Jasirah Hatawano harus tunduk dan mematuhi Perintah, apalagi saat-saat kekuasaanya......

Menurut penuturan cerita Orang tua-tua di Desa Itawaka lokasi AER POTANG POTANG adalah tempat untuk mengasah parang dari Kapitang IHA itu dibuktikan dengan BATU PENGASAH PARANG yang sampai saat ini masih ada.

Seiring dengan kedatangan Penjajah (Belanda) akibat jatuhnya pelabuhan KOSTANTINOPEL sebagai pusat perdagangan INTERNASIONAl dengan tujuan : 

  1. Mencari daerah jajahan. 
  2. Memperoleh rempah-rempah. 
  3. Menyebarkan Agama Kristen/Nasarani. 
Karena tujuan itulah hubungan persaudaraan menjadi hancur akibat politik pecah belah/adu domba. Akibatnya timbul peperangan yang DIPERKIRAKAN akibatkan faktor ADU DOMBA antara saudara kita dari Nolloth maupun bagi siapa saja yang berhianat baginya (Kerajaan IHA) , mengakibatkan peperangan dan memakan korban yang begitu banyak.

Dari peperangan itulah timbul Belanda dengan potitik ADU DOMBANYA meminta Kapitang dari ITAWAKA (TITAWAKA) untuk menjaga/mengamankan peperangan tersebut, disisi lain ITWAKA dan IHA adalah ORANG BASUDARA......

Sehingga mata AER yang dulunya bernama SABTU berdasarkan Nama Kapitang atau Orang IHA yang pada waktu dulu menjaga Aer tersebut menjadi AER POTONG POTONG dan berubah kembali menjadi AER POTANG POTANG sampai sekarang ini......Mungkin ini sejarah singkat AER POTANG POTANG.....Mengingat Sejarah Negeri kita tidak DIBUKUKAN tetapi secara LISAN....

Kiranya TIM SEJARAH ITAWAKA yang dibentuk 29 Desember 2006 melalui “ITAWAKA MEMILIKI SDM YANG BERKUALITAS DAYA SAING, BAGI TERCIPTANYA MASYARAKAT YANG RUKUN DAMAI DAN SEJAHTERA” dapat memberikan penjelasan yang sesungguhnya........
 

AER POTANG POTANG SAAT INI

Dalam perkembangannya jumlah penduduk Negeri Itawaka berjumlah 456 kk (data Tahun 2006). Sehingga faktor pemenuhan kebutuhan hidup sangat mendesak. Kondisi AER POTANG POTANG mengalami krisis dengan adanya Konflik Sosial sehingga mengakibatkan Penebangan Pohon, Pembukaan Lahan (Masa Pemerintahan almr. A. Sahetapy). Tak dapat dipungkiri ini adalah bagian dari pemenuhan kebutuhan masyarakat yang mesti dipenuhi, sehingga di lain ketersediaan Air Bersih sangat dirasakan pada musim kemarau.

Namun sebelum pemerintahan (almr. A. Sahetapy) Kebijakan dan Manajemen dalam pengelolaan AER POTANG POTANG tidak dilaksanakan dengan baik, baik dari sistem DRAINASE AER POTANG POTANG maupun pembuatan Bak Mandi dan Bak Penampungan Air Bersih yang hanya berjarak ± 10-30 meter dari sumber mata air. Selain itu pengelolaan dalam restribusi/Iuran (Rp. 2000/bulan untuk tiap kk) tidak berjalan baik dan tidak tentu arah, kemana Iuran itu dipakai dalam pengelolaan AER POTANG POTANG ????

Ini adalah sebagian faktor yang menyebabkan ketersediaan Air Bersih, selain kegiatan Pembukaan lahan dan Penebangan Pohon di sekitar AER POTANG POTANG dan ini sangat dirasakan bagi masyarakat Itawaka yang bertempat tinggal di daerah belakang Negeri dan Ujung Negeri !!!!!!.

Untuk itulah diharapkan perhatian khusus dari Pemerintahan Bpk. Libreck Frans. Wattimena sebagai Raja terpilih (7 Januari 2010) dalam Sistem Manajeman serta pengelolaan AER POTANG POTANG apalagi Visi dan Misi sebelum dipilih menjadi Raja yang baru adalah :
  1.  Membuat Rumah Adat Negeri Itawaka.
  2. Penetapan Lokasi Tempat Pemakaman.
  3. MEMPERHATIKAN AER POTANG POTANG.

Harapan kita sebagai Anak Negeri Itawaka kepada Pemerintahan Baru dan merupakan tanngung jawab kita bersama adalah :
  1. Memberikan penyuluhan/pengertian yang baik bagi masyarakat Desa Itawaka dalam menjaga ketersediaan AER POTANG POTANG.
  2. Melakukan kegiatan penanaman di sekitar AER POTANG POTANG, baik untuk Pohon Sagu serta jenis pohon lainnya yang dapat menjaga ketersediaan AER POTANG POTANG.
  3.   Melarang dengan keras masyarakat untuk tidak melakukan penebangan pohon maupun membuka lahan untuk pemukiman baru di sekitar areal AER POTANG POTANG........


Oooooooooooooo Eeeeeeeeeeeeeeee.
POTANG POTANG AIR KU..........
BERMUARA PANTAI NAMAL.........
PELABUHAN ORANG DAGANG.........

Masih Ingatkah Kita Syair Lagu Ini !!!!!!!!!!

G B U

1 komentar: